Info Terkini|

Bertempat di Kantor Pusat PT MRT Jakarta (Perseroda) di Gedung Wisma Nusantara, Jakarta Pusat, PT MRT Jakarta (Perseroda) dan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menyepakati kerja sama penanggulangan terorisme di MRT Jakarta yang dituangkan ke dalam nota kesepahaman bersama dan ditandatangani pada Jumat (20-12-2019). Penandatanganan dilakukan langsung oleh Direktur Utama PT MRT Jakarta (Perseroda) William Sabandar dan Deputi Bidang Pencegahan, Perlindungan, dan Deradikalisasi BNPT Hendri Paruhuman Lubis, serta Deputi Bidang Penindakan dan Pembinaan Kemampuan BNPT Budiono Sandi. Turut menyaksikan penandatanganan ini Komisaris PT MRT Jakarta (Perseroda) Adnan Pandu Praja dan Direktur Operasi dan Pemeliharaan PT MRT Jakarta (Perseroda) Muhammad Effendi.

Dalam sambutannya, William Sabandar menyampaikan maksud dan tujuan penandatanganan nota kesepahaman siang ini. “Kami mengapresiasi atas terlaksananya penandatanganan nota kesepahaman ini sebagai penanda satu kerja sama strategis antara kedua belah pihak dalam kaitannya dalam memastikan bahwa pengamanan di MRT Jakarta,” ujar William. “Keamanan adalah isu prioritas kami. Kinerja atau layanan kami yang sudah beroperasi 9 bulan akan sangat ditentukan oleh kemanan seluruh fasilitas di sepanjang jalur MRT Jakarta. Kerja sama sejenis juga kami lakukan dengan POLDA Metro Jaya dan KODAM Metro Jaya sehingga kami juga ingin mempererat kerja sama dengan BNPT,” lanjut ia.

William Sabandar juga berharap agar ada rencana aksi nyata yang disusun setelah penandatanganan ini sehingga upaya pencegahan, pendidikan, dan deradikalisasi di seluruh sistem MRT Jakarta dapat terlaksana. ““Cakupannya antara lain penguatan prosedur standar operasi (standard operation procedure/SOP), pelatihan, dan sosialisasi di stasiun-stasiun MRT Jakarta, termasuk kawasan Depo Lebak Bulus,“ ungkap ia.

Senada dengan William Sabandar, Hendri Paruhuman Lubis pun mengapresiasi kegiatan penandatanganan nota kesepaham ini. “Kami mengucapkan terima kasih atas kerja sama ini. Sebagai moda transportasi baru dan ikon Jakarta yang menjadi harapan masyarakat dan pemerintah, MRT Jakarta telah memberikan pelayanan yang aman dan nyaman bagi masyarakat. Setelah penandatanganan nota kesepahaman ini, akan ada kerja sama dan rencana aksi sehingga tidak berhenti di sini saja,” ujar ia.

Hal serupa disampaikan pula oleh Budiono Sandi. “Setiap hari BNPT menganalisis perkembangan situasi terorisme di Indonesia. Kami juga selalu berkoordinasi dan bertukar informasi dengan seluruh instansi di Indonesia. BNPT selalu siap untuk membantu PT MRT Jakarta (Perseroda) untuk bersinergi dalam penanggulangan terorisme, termasuk memberikan pelatihan terkait isu-isu terorisme,” pungkas ia. Nota kesepahaman ini rencananya akan berlaku hingga lima tahun ke depan. [NAS]


Source link

Close Search Window