Info Terkini|

PT TUV Indonesia merekomendasikan Sertifikat ISO terintegrasi untuk PT MRT Jakarta (Perseroda) pada Desember 2019 lalu. Foto oleh PT MRT Jakarta (Perseroda)

Di penghujung 2019 lalu, tepatnya 20 Desember 2019, PT MRT Jakarta (Perseroda) berhasil menyelesaikan proses audit eksternal sebagai rangkaian penerapan Sistem Manajemen Terintegrasi ISO 9001: 2015, 14001: 2015, dan 45001: 2018 dengan sukses. Sertifikat untuk sistem managejemen terintegrasi tersebut diberikan kepada PT MRT Jakarta (Perseroda) pada 14 April 2020 lalu. Sertifikat tersebut dikeluarkan oleh PT TUV Rheinland Indonesia, sebuah badan sertifikasi internasional yang diakui oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN). Saat ini, kantor pusat, depo, dan seluruh stasiun telah memperoleh Sertifikat ISO 9001:2015 untuk Sistem Manajemen Mutu, ISO 14001:2015 untuk Sistem Manajemen Lingkungan, dan ISO 45001:2018 untuk Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja.

Bagi PT MRT Jakarta (Perseroda), sertifikat ISO terintegrasi ini berdampak sangat positif bagi perseroan. Sejak fase konstruksi fase 1, Perseroan selalu memperhatikan aspek keamanan (safety), pengelolaan lingkungan, serta kualitas pekerjaan dan pelayanan. Pembahasan dan implementasi terkait hal tersebut selalu menjadi agenda utama dalam rapat berkala sejak fase desain, pelaksanaan konstruksi hingga saat mempersiapkan pola layanan menjelang beroperasinya sistem MRT Jakarta.

Tujuan utama penerapan ISO terintegrasi bagi sistem manajemen ini adalah menetapkan standar atau basis dalam kegiatan pembangunan maupun operasional sehingga mendapatkan hasil yang berkualitas. Salah satu faktor utama yang mendukung hal tersebut adalah komitmen tinggi dan dukungan dari pimpinan tertinggi perusahaan (tone at the top). Manajemen puncak berkomitmen untuk mewujudkan layanan bertaraf internasional dengan mengedepankan quality,safety, and security, serta pengelolaan lingkungan yang baik, selaras dengan visi misi dan nilai-nilai perusahaan. Lebih jauh lagi, sertifikat ISO terintegrasi ini akan meningkatkan citra perusahaan dan kepercayaan dari seluruh stakeholder.

Kunjungan lapangan ke Stasiun Fatmawati. Foto oleh PT MRT Jakarta (Perseroda).

Dalam mendesain Sistem Manajemen ISO Terintegrasi, PT MRT Jakarta (Perseroda) menyusun rencana jangka menengah tiga tahun beserta peta jalan (road map). Peta jalan ini berisi susunan prioritas sistem manajemen sehingga dalam pelaksanaannya telah dalam pemahaman sistem yang dibangun adalah platform yang terintegrasi. Peta jalan jangka menengah ini juga memudahkan perseroan dalam penyusunan anggaran. PT MRT Jakarta (Perseroda) membutuhkan waktu setidaknya satu tahun dalam persiapan sertifikasi sistem manajemen terintegrasi ini, mulai dari melakukan gap analysis, peninjauan peraturan pemerintah dan perusahaan, standarisasi dokumen-dokumen perusahan, pelatihan-pelatihan, hingga pelaksanaan audit internal dan eksternal oleh lembaga sertifikasi. Bagi masyarakat, penerapan ISO terintegrasi ini akan berdampak terhadap layanan yang diterima. Perseroan akan secara berkelanjutan meningkatkan kualitas layanan dengan mengedepankan aspek keselamatan dan lingkungan. [NAS]


Source link

Close Search Window