Info Terkini|

Uang peringatan kemerdekaan ke-75 Republik Indonesia yang mencantumkan ilustrasi ratangga dan terowongan bawah tanah. Ilustrasi oleh Bank Indonesia.

Bertepatan dengan peringatan Hari Ulang Tahun ke-75 Republik Indonesia, pada hari ini, Senin (17-8-2020), Bank Indonesia meluncurkan uang rupiah peringatan kemerdekaan ke-75 Republik Indonesia berbentuk uang kertas pecahan Rp75.000,00.  Tema besar desain uang peringatan kemerdekaan tersebut adalah mensyukuri kemerdekaan, memperteguh kebinekaan, dan menyongsong masa depan gemilang. Perwujudan rasa syukur tersebut digambarkan melalui pencapaian pembangunan Indonesia di bidang infrastruktur melalui ilustrasi Tol Transjawa, Jembatan Youtefa Papua, dan Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta.

“PT MRT Jakarta (Perseroda) mengucapkan apresiasi sebesar-besarnya kepada Kementerian Keuangan RI dan Bank Indonesia atas penggunaan ratangga dan terowongan bawah tanah di dalam uang rupiah khusus edisi kemerdekaan tersebut. MRT Jakarta merupakan salah satu simbol pencapaian infrastruktur dalam pembangunan bangsa menyongsong masa depan Indonesia Maju,” ungkap Direktur Utama PT MRT Jakarta (Perseroda) William Sabandar. “Peluncuran uang rupiah khusus edisi kemerdekaan dengan menyertakan gambar ratangga dan terowongan bawah tanah MRT Jakarta ini akan semakin mendorong semangat kami memberikan yang terbaik untuk negeri ini,” lanjut ia.

Ilustrasi uang peringatan kemerdekaan ke-75 RI. Ilustrasi oleh Bank Indonesia.

Berdasarkan informasi dari Bank Indonesia, masyarakat dapat membawa uang senilai Rp75.000,00 secara tunai untuk ditukarkan dengan satu lembar UPK (uang peringatan kemerdekaan) ke-75 Tahun Republik Indonesia tersebut di kantor Bank Indonesia. Sebelum melakukan penukaran, masyarakat wajib melakukan pemesanan jadwal dan lokasi penukaran secara online via aplikasi ‘Pintar’ di situs resmi BI melalui tautan https://pintar.bi.go.id/ yang dapat diakses hari ini pada pukul 15.00 WIB. Syarat lain adalah setiap satu KTP hanya bisa ditukarkan untuk mendapat satu lembar uang peringatan kemerdekaan ke-75 RI tersebut. Selanjutnya, per tanggal 1 Oktober 2020, uang peringatan kemerdekaan tersebut dapat diperoleh di Kantor Bank Indonesia dan kantor bank umum yang telah ditunjuk dan bekerja sama dengan Bank Indonesia. Uang peringatan kemerdekaan ke-75 ini dicetak sebanyak 75 juta lembar.

Sebagai informasi, ratangga ialah kereta otomatis pertama yang dimiliki oleh Republik Indonesia. Penamaan ratangga dicetuskan oleh Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan. Ratangga sendiri berasal dari puisi di dalam kitab Arjunawijaya dan kitab Sutasoma karangan Mpu Tantular yang berarti kereta perang yang identik dengan kekuatan dan pejuang. Diharapkan kereta MRT Jakarta akan membawa para pejuang ibu kota untuk hidup yang lebih baik. Saat ini, terdapat 16 set rangkaian kereta yang beroperasi mulai pukul 05.00 WIB hingga 22.00 WIB setiap hari senin hingga jumat dan pukul 06.00 WIB hingga pukul 20.00 WIB pada akhir pekan.
Penulis: Nasrullah


Source link

Close Search Window