Uncategorized|

ttd CP 203
(ki–ka): Direktur Utama PT MRT Jakarta (Perseroda) William Sabandar, Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan, Direktur Konstruksi PT MRT Jakarta (Perseroda) Silvia Halim, SMCC–HK JO Satoshi Tanimoto, Duta Besar Jepang untuk Indonesia Kanasugi Kenji, dan Chief Representative JICA Indonesia Ogawa Shinegori berpose setelah prosesi penandatanganan paket kontrak CP 203 selesai dilakukan. Foto oleh PT MRT Jakarta (Perseroda)/Irwan Citrajaya.

Pembangunan fase 2A MRT Jakarta Bundaran HI—Kota terus menunjukkan perkembangan yang menggembirakan. Pada pagi Selasa (20-4-2021) lalu, bertempat di pelataran Museum Fatahillah, Jakarta Barat, PT MRT Jakarta (Perseroda) dan kontraktor Sumitomo Mitsui Construction Company Jakarta- Hutama Karya Join Operation (SMCC–HK JO) menandatangani paket kontrak (contract package) 203 sebagai bagian dari pembangunan Fase 2A MRT Jakarta. Penandatanganan dilakukan oleh Direktur Konstruksi PT MRT Jakarta (Perseroda) Silvia Halim dan Satoshi Tanimoto serta disaksikan langsung oleh Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan, Duta Besar Jepang untuk Indonesia Kanasugi Kenji, Chief Representative JICA Indonesia Ogawa Shinegori, dan Direktur Utama PT MRT Jakarta (Perseroda) William Sabandar. Dengan ditandatanganinya paket kontrak ini, upaya pengembangan kawasan kota tua yang terintegrasi dengan MRT Jakarta serta transportasi publik lainnya dapat segera terwujud.

Paket kontrak CP203 merupakan bagian dari pembangunan Fase 2A MRT Jakarta Bundaran HI hingga Kota. CP203 akan mengerjakan dua stasiun bawah tanah, yaitu Stasiun Glodok sepanjang 240 meter dan Stasiun Kota sepanjang 411,2 meter serta terowongan bawah tanah mulai dari Mangga Besar sampai Kota Tua sepanjang 1,4 kilometer. Total nilai kontrak sekitar Rp4,6 triliun dengan masa konstruksi selama 72 bulan (September 2021— Agustus 2027). Pembangunan paket kontrak CP203 ini akan terintegrasi dengan konsep penataan kota tua, yaitu mengedepankan penataan area pejalan kaki dan manajemen rekayasa lalu lintas (traffic arrangement).

Gubernur Anies
Gubernur Anies saat memberikan sambutan pascapenandatanganan paket kontrak CP 203. Foto oleh PT MRT Jakarta (Perseroda)/Irwan Citrajaya.

Pembangunan MRT Jakarta Fase 2A (Bundaran HI-Kota Tua) ini akan melewati sejumlah cagar budaya di antaranya Gedung Sarinah, Museum Bank Indonesia, Gedung Chandranaya, Pantjoran Tea House, Museum Bank Mandiri, Tugu Jam Thamrin, dan Stasiun Jakarta Kota (BEOS). Konstruksi CP203 ini akan mengusung desain dengan konsep Sunken Entrance, yaitu tinggi entrance yang lebih rendah dari entrance pada umumnya dengan tujuan untuk menjaga visual bangunan cagar budaya.

“Pembangunan MRT Fase 2A, Bundaran HI – Kota Tua, akan memberikan perhatian terhadap perlindungan situs cagar budaya sekaligus mendukung revitalisasi kawasan-kawasan yang mempunyai nilai historis dan budaya yang tinggi di sepanjang jalur dalam konteks regenerasi kota (urban regeneration). Sejalan dengan pembangunan konstruksi 2A, MRT Jakarta juga akan mendorong pengembangan Kawasan Berorientasi Transit (TOD) di kawasan Thamrin, Harmoni, Sawah Besar, Mangga Besar, Glodok, dan Kota melalui kemitraan serta kolaborasi dengan masyarakat dan berbagai pemangku kepentingan,” ungkap Direktur Utama PT MRT Jakarta (Perseroda) William Sabandar.

Dalam sambutannya, Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan menyampaikan dukungan penuh dan ucapan terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat. “Hari ini kita menyiapkan jalur konektivitas yang akan mewarnai Jakarta di masa yang akan datang. Dibangunnya jalur MRT sampai tempat ini dilakukan dalam rangka untuk menghidupkan kembali kawasan Kota Tua,” ujar ia. “Pemprov DKI Jakarta sedang merencanakan untuk membangun seluruh kawasan ini sebagai suatu kesatuan kawasan yang terintegrasi dengan konektivitas antar moda yang memadai, dan melibatkan berbagai pihak yaitu unsur pemerintahan pusat dan DKI, unsur badan usaha milik negara dan daerah, maupun unsur swasta. Semua itu ada di dalam satu ikhtiar konsorsium untuk membangun kawasan Kota Tua, sehingga kawasan ini menjadi bagian dari masa depan Jakarta.” ungkap Anies Baswedan.

“Saya sampaikan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo yang terus memberikan dukungan terhadap semua program pembangunan infrastruktur transportasi umum di Jakarta, sampai dengan pembangunan sistem Jaklingko sekarang. Dukungan dari pemerintah pusat melalui arahan Bapak Presiden, telah membuat begitu banyak program yang dilakukan di Jakarta bisa dituntaskan dengan baik,” imbuh ia.

Duta Besar Jepang untuk Indonesia Kanasugi Kenji yang hadir langsung turut menyambut baik kerja sama yang terjalin. “MRT Jakarta merupakan simbol persahabatan antara Jepang dan Indonesia. Kerja sama ini sebagai bentuk bahwa Jepang turut berkontribusi dalam pembangunan nasional Indonesia yang menekankan pada pengembangan sumber daya manusia serta transfer teknologi dan pengetahuan. Ke depannya, MRT Jakarta akan semakin berkembang, saya yakin ini akan membawa perbaikan untuk kehidupan masyarakat dan perkembangan ekonomi di Jakarta,” pungkas ia.

Penulis: Nasrullah


Source link

Close Search Window