Uncategorized|

Image

roundtable discussion

Gubernur Anies dan Direktur Utama William Sabandar saat memaparkan rencana pembangunan fase 3 dan 4 MRT Jakarta di London, Inggris. Foto oleh PT MRT Jakarta (Perseroda).

PT MRT Jakarta (Perseroda) dan Gubernur Provinsi DKI Jakarta berkesempatan memaparkan rencana pembangunan fase 3 koridor timur—barat dan fase 4 Fatmawati—TMII dalam roundtable discussion “Building Sustainable MRTJ East West Corridor” yang digelar pada Jumat (13-3-2022) di London, Kerajaan Inggris di depan delapan perusahaan swasta Inggris serta perwakilan pemerintahan Kerjaaan Inggris. Diskusi dibuka oleh Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan diikuti pemaparan potensi kerja sama untuk fase 3 dan 4 MRT Jakarta oleh Direktur Utama PT MRT Jakarta (Perseroda) William Sabandar. Diskusi dihadiri oleh Direktur dan Country Leader 8 perusahaan besar Inggris yaitu Crossrail International, XRail Group, Arup, Colas Rail, BDP, Alstom, Mott MacDonald, dan Standard Chartered Bank yang turut didampingi oleh UK Export Finance dan Departemen Perdagangan Internasional Inggris yang memfasilitas pertemuan ini.

Gubernur Anies menyampaikan rencana masa depan pembangunan Jakarta yang berbasis transportasi publik dan berorientasi transit. “Persoalan utama selama bertahun-tahun di Jakarta ialah pembangunannya selalu berorientasi pada mobil (car oriented development). Saat ini, dan ke depannya, kami akan mengubah paradigma tersebut menjadi transit oriented development. Dengan itu, kami juga merustrukturisasi ulang transportasi publik di Jakarta, peraturan zona pembangunan, serta tata kota untuk merefleksikan pendekatan berbasis kawasan berorientasi transit. Semua itu telah kami lakukan empat tahun terakhir,” jelasnya. “Kami ingin membangun sistem transportasi publik yang dapat mencakup seluruh area di Jakarta yang terintegrasi satu sama lain serta terjangkau,” tambahnya.

Dalam pertemuan ini juga, delapan perusahaan Inggris tersebut memaparkan kapasitas dan expertise mereka serta menyampaikan bentuk dukungan yang dapat diberikan agar mempercepat pembangunan MRT Jakarta fase 3 dan 4.

Image

roundtable discussion

Dalam pertemuan ini, 8 perusahaan industri perkeretaapian Inggris menyatakan minat dan dukungannya atas rencana tersebut. Foto oleh PT MRT Jakarta (Perseroda). 

Pertemuan ini merupakan komitmen tindak lanjut atas kunjungan Secretary of State for International Trade the Rt. Hon Anne-Marie Trevelyan MP pada Februari 2022 lalu. Dalam pertemuan tersebut Menteri Trevelyan akan memfasilitasi pertemuan antara pemerintah provinsi DKI Jakarta dan pelaku industri perkeretaapian di Kerajaan Inggris untuk mengeksplorasi bagaimana perusahaan Inggris dapat berkontribusi dalam perkembangan industri perkeretaapian di Jakarta.

“Tidak kurang dari delapan perusahaan sektor perkeretaapian Inggris telah mendengarkan langsung rencana pengembangan MRT Jakarta, khususnya fase 3 koridor timur—barat dan fase 4 koridor Fatmawati—TMII. Lebih luas lagi, pertemuan ini juga membuka kesempatan kerja sama lainnya seperti pengembangan kawasan berorientasi transit, kawasan integrasi antarmoda sesuai fungsi MRT Jakarta seperti city regenerator,” pungkas William.


Source link

Close Search Window