Uncategorized|

Image

Demo Day

            Setelah mengikuti rangkaian program pendampingan intensif sejak Juli 2022 lalu, tujuh perusahaan rintisan (startup) akhirnya berkesempatan memamerkan produk dan jasa yang berhasil dikembangkan dalam “Demo Day” yang berlangsung pada Rabu (13-9-2022) secara virtual. Tujuh perusahaan yang terbagi ke dalam tiga kategori, yaitu smart mobility, advertisement, dan retail development ini diharapkan akan menciptakan dan memberikan nilai tambah dalam ekosistem MRT jakarta. Demo day dihadiri oleh tidak kurang dari 80-an peserta dan disiarkan secara langsung melalui kanal komunikasi PT MRT Jakarta (Perseroda).

            “Semakin berkembang dan bertambahnya jumlah pengguna jasa MRT Jakarta, kami terus berupaya untuk meningkatkan pelayanan dan berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi. Kerja sama dengan perusahaan rintisan merupakan salah satu cara untuk mencapai hal tersebut,” ungkap Direktur Utama PT MRT jakarta (Perseroda) Mohamad Aprindy saat memberikan sambutannya. “MRTJ ACCEL kali ini merupakan program ketiga yang kami selenggarakan. Hal itu merupakan bentuk dukungan dan juga kebutuhan untuk memberikan solusi serta pengalaman terbaik bagi pelanggan kami,” jelasnya.

            MRTJ ACCEL tahun ini mengusung tema “Solving Challenges for Smart Cities through Smart Mobility Development”. Bekerja sama dengan Future City Accelerator (FCA) yang merupakan inisiatif antara pemerintah Provinsi Jakarta dan Berlin sebagai sister city. Acara ini juga dihadiri oleh Berlin Senate Department for Economics, Energy, and Enterprises Helen Franke, dan Direktur Pengembangan Bisnis PT MRT Jakarta (Perseroda) Farchad Mahfud yang memberikan pesan kunci sebelum sesi diskusi yang menghadirkan narasumber Senior Product Manager GoPay Indonesia Adityo Pratomo dan Ahli Transportasi Perkotaan Institut Teknologi Bandung Puspita Dirgahayani.

            Dalam pesan kuncinya, Farchad menyampaikan bahwa tiga kategori yang dipilih merupakan tema yang memiliki kebutuhan besar dalam masa depan ekosistem MRT jakarta. “Aspek smart mobility akan mendorong efisiensi transportasi publik, baik untuk mobilitas harian pengguna jasa maupun mobilitas logistik. Sedangkan pengembangan retail dan periklanan akan mendorong pertumbuhan pengembangan kawasan berorientasi transit yang menjadi tumpuan perubahan wajah perkotaan pada masa depan,” ujarnya. Ke depannya, lanjut Farchad, akan lebih banyak lagi potensi baru yang bisa digali melalui kemitraan bersama perusahaan rintisan.

Hal senada juga disampaikan oleh Helen yang menyatakan bahwa dengan program kolaborasi sister city antara Berlin-Jakarta sejak 1994, pemerintah Uni-Eropa mendukung pengembangan ekosistem wirausaha yang dapat berkontribusi langsung untuk mengembangkan ekonomi dan peningkatan kesejahteraan di Jakarta. “Terutama melalui program yang bekerja sama dengan sektor pemerintah, salah satunya dengan PT MRT Jakarta (Perseroda).  Hal ini guna mendukung untuk pengembangan smart city dan smart governance,” ucapnya.

Sejak dibuka pada Mei 2022 lalu, tujuh perusahaan ini telah melewati tahapan seperti value proposition mapping,  collaboration matchmaking, dan deep dive innovation workshop hingga kolaborasi langsung dengan divisi terkait di dalam PT MRT Jakarta (Perseroda). Tujuh perusahaan rintisan tersebut sebagai berikut;

  1. ETAB Technologies

Menyediakan sistem iklan yang dipersonalisasi melalui signage digital dengan Sistem Manajemen Konten dan Sistem Manajemen Perangkat Seluler.

  1. Higo

Menciptakan lingkungan berbasis data pintar menggunakan Smart WiFi yang akan tersedia di stasiun-stasiun MRT Jakarta.

  1. Soul Parking

Menyediakan tempat parkir (Compact Motorcycle Storage) di dalam ekosistem MRT Jakarta yang akan memberikan kemudahan dan kenyamanan untuk ridership MRT Jakarta.

  1. Tebengan

Menyediakan layanan antar-jemput bersama (door to door) untuk ridership MRT Jakarta, yang akan menyediakan cara yang mudah dan terjangkau untuk berpergian menggunakan MRT Jakarta.

  1. IZYai

Menyediakan mobile concierge and commerce di dalam ekosistem MRT Jakarta yang akan mempersingkat interaksi dan transaksi ridership MRT Jakarta.

  1. Sealog

Menyediakan layanan pengiriman last-mile dengan nol emisi yang akan berfungsi sebagai perpanjangan ekosistem mobilitas MRT Jakarta menggunakan sepeda dan sepeda e-cargo.

  1. Gajiku

Menyediakan layanan personalisasi all in one solusi HR dengan sistem absensi yang seamless di dalam ekosistem MRT Jakarta.

            “Saat ini kami sudah melakukan uji coba (proof of concept) di lima stasiun MRT jakarta dan diskusi secara intensif untuk pengembangan lebih lanjut. Kami berharap agar produk kami, yaitu akses internet, dapat memberikan nilai tambah terhadap pengalaman penumpang di MRT Jakarta,” ujar CEO HIGO Glennarta Hioe. Hal serupa juga disebutkan oleh Ceo Izy.ai Gerry Mangentang. “Banyak peluang bisnis yang bisa dikembangkan bersama MRT Jakarta, terutama dengan rencana perluasan jaringan baru seperti fase 2, 3, dan 4.  Izy.ai akan menyediakan layanan mobile concierge dan commerce untuk mempersingkat interaksi dan transaksi di MRT Jakarta. Untuk informasi lebih lanjut tentang program MRTJ ACCEL, masyarakat dapat mengakses tautan berikut: accel.jakartamrt.co.id.


Source link

Close Search Window