PPID MRT Jakarta https://ppid.jakartamrt.co.id Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi MRT Jakarta Fri, 03 Feb 2023 08:29:30 +0000 en-US hourly 1 https://wordpress.org/?v=5.1.15 Inggris Dukung Pengembangan Fase 3 MRT Jakarta https://ppid.jakartamrt.co.id/2023/02/03/inggris-dukung-pengembangan-fase-3-mrt-jakarta/ Fri, 03 Feb 2023 08:29:30 +0000 https://ppid.jakartamrt.co.id/2023/02/03/inggris-dukung-pengembangan-fase-3-mrt-jakarta/ Image Menteri Andrew (jas biru) berfoto bersama Kepala Dinas Perhubungan Jawa Barat A. Koswara (paling kiri), Kepala Bappeda DKI Jakarta Atika N. Rahmania, Direktur Utama Tuhiyat, Asperkeu Sri Haryati, Dubes Owen Jenkins, dan Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo. Foto oleh PT MRT Jakarta (Perseroda)/Irwan Citrajaya. 2 Februari 2023.  Perluasan jaringan MRT Jakarta terus …]]>

Image

UK Minister of Exports

Menteri Andrew (jas biru) berfoto bersama Kepala Dinas Perhubungan Jawa Barat A. Koswara (paling kiri), Kepala Bappeda DKI Jakarta Atika N. Rahmania, Direktur Utama Tuhiyat, Asperkeu Sri Haryati, Dubes Owen Jenkins, dan Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo. Foto oleh PT MRT Jakarta (Perseroda)/Irwan Citrajaya. 2 Februari 2023. 

Perluasan jaringan MRT Jakarta terus diwujudkan. Berbagai kerja sama dilakukan agar pembangunan fase 3, yaitu koridor East—West sepanjang sekitar 84,1 kilometer, tersebut dapat segera dibangun. Salah satu bentuk kerja sama tersebut ialah dengan Pemerintah Kerajaan Inggris. Dalam kunjungan kerjanya ke Indonesia, The UK Minister of Export at the Department of International Trade H.E. Andrew Bowie, MP menyatakan dukungannya terhadap pengembangan dan perluasan jaringan MRT Jakarta, khususnya fase 3.

            “Saya senang sekali bahwa Inggris dan Indonesia sedang mengeksplor peluang-peluang untuk bekerjasama dalam pengembangan MRT Jakarta. Pertemuan hari ini mendatangkan para ahli infrastruktur dan keuangan terdepan dari Inggris untuk berkolaborasi dalam mendukung rencana pengembangan transportasi Indonesia. Saya senantiasa menantikan perkembangan hubungan kedua negara di bidang tersebut,” ujar Menteri Ekspor Inggris Andrew Bowie.

Asisten Perekonomian dan Keuangan Provinsi DKI Jakarta Sri Haryati turut menyampaikan terima kasih dan menyambut baik dukungan yang diberikan oleh Inggris. “Warga Jakarta dan sekitarnya, membutuhkan solusi transportasi mobilitas perkotaan yang konkret. Mereka telah merasakan keberhasilan MRT Jakarta Fase 1, oleh karena itu, inisiasi MRT Jakarta fase 3 kami tingkatkan. Proyek fase 3 akan menjadi fase MRT Jakarta yang paling menantang yang pernah dikerjakan,” jelasnya. “Pemerintah akan bekerja sama dengan MRT Jakarta untuk mewujudkan proyek ini, khususnya untuk mencapai bagian integrasi antara tiga provinsi yang berbeda. Kami sangat berterima kasih atas perhatian yang telah kami terima sejak tahun lalu dari Inggris. Minat Inggris untuk terlibat dalam proyek ini telah memberi kami harapan,” lanjutnya.

            Dalam sambutannya, Direktur Utama PT MRT Jakarta (Perseroda) Tuhiyat menyampaikan apresiasinya atas kunjungan dan pertemuan tersebut. “Atas nama PT MRT Jakarta (Perseroda), saya menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya pertemuan ini. Pada 2022 lalu, PT MRT Jakarta (Perseroda) telah menerima expression of interest dari United Kingdom Export Finance (UKEF) yang menyatakan kesediaan pembiayaan koridor East—West MRT Jakarta,” ungkapnya. “Selanjutnya, dalam perhelatan G20 di Bali, kami juga telah menandatangani Letter of Intent (LoI) terkait hal tersebut. Pertemuan pagi ini merupakan langkah konkret dalam mewujudkan kerja sama pembangunan koridor East—West tersebut,” lanjutnya.

Sejauh ini, tambah Tuhiyat, PT MRT Jakarta (Perseroda) dan Pemerintah Inggris, khususnya perusahaan-perusahaan dari industri perkeretaapiannya telah banyak melakukan kerja sama seperti dalam bidang peningkatan sumber daya manusia bersama Crossrail International dan penyusunan rencana induk pengembangan kawasan Lebak Bulus bersama ARUP.

Dalam pertemuan pada Kamis (2-2-2023) di Jakarta tersebut, hadir langsung Duta Besar Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste Owen Jenkins, Asisten Perekonomian dan Keuangan Provinsi DKI Jakarta Sri Haryati dan Kepala Dinas Perhubungan Jawa Barat A. Koswara, dan sejumlah delegasi dari berbagai perusahaan terkait industri perkeretaapian Inggris.

Fase 3 koridor East—West MRT Jakarta direncanakan akan membentang sepanjang sekitar 84,1 kilometer dari Cikarang, Jawa Barat hingga Balaraja, Banten, melewati wilayah DKI Jakarta sepanjang sekitar 33,7 kilometer. Pemerintah Inggris melalui Expression of Interest (EoI) telah menyatakan dukungan pembiayaan sebesar sekitar 1,2 miliar dollar atau setara dengan sekitar Rp19,3 triliun untuk pembangunan fase 3 tersebut. Saat ini, persiapannya telah masuk ke tahap pengkajian oleh Jakarta Metro Consultant Association (JMCA) di bawah pengawasan Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan RI.


Source link

]]>
Tingkatkan Keandalan Operasional, PT MRT Jakarta Latih Sembilan Calon Masinis https://ppid.jakartamrt.co.id/2023/02/01/tingkatkan-keandalan-operasional-pt-mrt-jakarta-latih-sembilan-calon-masinis/ Wed, 01 Feb 2023 04:57:29 +0000 https://ppid.jakartamrt.co.id/2023/02/01/tingkatkan-keandalan-operasional-pt-mrt-jakarta-latih-sembilan-calon-masinis/   Image Zhafran dan instruktur masinis Darmaji saat melintas di jalur terowongan bawah tanah. Foto oleh PT MRT Jakarta (Perseroda)/Irwan Citrajaya. 31 Januari 2023.           Waktu menunjukkan sekitar pukul 12.45 WIB saat ratangga dari arah Stasiun Bundaran HI tiba di Stasiun Lebak Bulus Grab. Zhafran Nabil (24) telah berdiri tegap tepat di pintu tepi peron …]]>

 

Image

pelatihan calon masinis

Zhafran dan instruktur masinis Darmaji saat melintas di jalur terowongan bawah tanah. Foto oleh PT MRT Jakarta (Perseroda)/Irwan Citrajaya. 31 Januari 2023. 

         Waktu menunjukkan sekitar pukul 12.45 WIB saat ratangga dari arah Stasiun Bundaran HI tiba di Stasiun Lebak Bulus Grab. Zhafran Nabil (24) telah berdiri tegap tepat di pintu tepi peron (platform screen doors). Saat kereta tiba dan pintu terbuka, ia lalu masuk ke kereta lalu menyapa masinis dan melakukan proses handover tugas. Dengan tenang, ia lalu duduk di kursi masinis, memeriksa berbagai lampu indikator tombol di dashboard kabin lalu berkoordinasi dengan petugas di Pusat Kendali Operasi (operation control center). Tidak lama, ia melaju bersama ratangga menuju area langsir yang berada di ujung selatan stasiun sebelum kembali masuk ke stasiun Lebak Bulus Grab dan bertugas membawa pengguna jasa hingga Stasiun Bundaran HI.

         Zhafran dan delapan orang rekan lainnya merupakan calon masinis PT MRT Jakarta (Perseroda) yang sedang menjalani masa pelatihan. Sejak Juni 2022 lalu, ia memulai pendidikannya dengan mengikuti kelas di dalam ruangan belajar teori. Siang itu, kali kedua ia membawa ratangga di jalur utama bersama dengan satu orang instruktur. Sebelum ia diperbolehkan di jalur utama saat waktu operasional, Zhafran dan rekan-rekannya telah melakukan praktik di area depo dan jalur utama (main lane) saat window time atau setelah waktu operasional berakhir.      

Image

pelatihan calon masinis

Sebelum bertugas hari itu, seorang masinis harus melalui sejumlah tes kesehatan dan uji pengetahuan oleh duty manager. Foto oleh PT MRT Jakarta (Perseroda)/Irwan Citrajaya. 31 Januari 2023.

         “Saya tertarik menjadi masinis karena bagi saya masinis itu merupakan posisi strategis. Ia harus memahami dengan baik berbagai hal terkait operasional seperti bagaimana sistem persinyalan dan telekomunikasi, troubleshooting ratangga, tentang kelistrikan daya (power), hingga pemeliharaan kereta. Sangat lengkap,” cerita lulusan S1 Teknik Elektro Institut Teknologi PLN, Jakarta tersebut. “Selain itu, saya memang tertarik bekerja di MRT Jakarta karena saat ini, MRT Jakarta merupakan moda transportasi paling modern. Istilahnya paling ngehype,” ungkapnya lalu tersenyum.

         Di dalam ruang kabin ratangga, ia terlihat tenang dan fokus. Metode tunjuk sebut dilaksanakan dengan disiplin. Saat tiba di stasiun, ia memastikan pintu peron telah terbuka dengan sempurna. Saat ratangga akan meninggalkan stasiun, tak lupa ia mengecek empat layar kamera CCTV di sisi kirinya, memastikan tidak ada penumpang yang memaksa naik. Sesekali instruktur senior yang mendampinginya siang itu, Pak Darmaji, memberikan sejumlah arahan.

         “Saat mendampingi, instruktur harus memastikan agar calon masinis melaksanakan tugas sesuai standar (SOP). Selain itu, kami juga memperhatikan ketenangan dalam bekerja dan kemampuan pengambilan keputusan. Sejauh ini, saya menilai, seluruh calon masinis dapat dikatakan memenuhi standar masinis MRT Jakarta,” ungkapnya.

Image

pelatihan calon masinis

Bachrul saat melakukan inspeksi interior ratangga sebelum membawanya ke jalur utama. Foto oleh PT MRT Jakarta (Perseroda)/Irwan Citrajaya. 31 Januari 2023. 

         Bachrul (23), salah satu calon masinis lainnya, menyampaikan hal senada dengan Zhafran. Saat sedang melakukan langsiran ratangga di area depo, dengan sigap ia melaksanakan inspeksi luar dan dalam ratangga sebagai bagian dari SOP sebelum menjalankan kereta ke jalur utama (main lane). Pagi itu, ia didampingi oleh satu juru langsir Alfi (26), yang sehari-hari bertugas sebagai salah satu dari sembilan masinis perempuan di MRT Jakarta, serta instruktur senior Sunu.

         “Meskipun saya lulusan Teknik Elektro, saya tidak merasa kesulitan saat beradaptasi dengan pendidikan dasar menjadi masinis. Saat masuk pertama kali pada Agustus 2022, sejauh ini saya merasa bahwa bekerja di MRT Jakarta memiliki kesempatan jenjang karir dan masa depan yang bagus,” ungkap anak muda asli Jakarta Timur ini. “Pesan saya kepada anak muda lainnya, jangan takut belajar dan mencoba hal baru. Selagi kita mau belajar dan tekun, saya percaya kita pasti bisa karena saya yakin setiap orang bisa belajar apa saja sepanjang memiliki tekad yang kuat,” pungkasnya. 


Source link

]]>
Dukung Kemudahan Transaksi Perbankan, MRT Jakarta Hadirkan Blu by BCA Digital di Aplikasi MRT-J   https://ppid.jakartamrt.co.id/2023/01/31/dukung-kemudahan-transaksi-perbankan-mrt-jakarta-hadirkan-blu-by-bca-digital-di-aplikasi-mrt-j/ Tue, 31 Jan 2023 00:29:21 +0000 https://ppid.jakartamrt.co.id/2023/01/31/dukung-kemudahan-transaksi-perbankan-mrt-jakarta-hadirkan-blu-by-bca-digital-di-aplikasi-mrt-j/ Image Direktur Pengembangan Bisnis Farchad dan Direktur Utama Lanny berfoto bersama saat peluncuran kolaborasi mrtj x blu. Foto oleh PT MRT Jakarta (Perseroda)/Irwan Citrajaya. 30 Januari 2023.  Kehadiran teknologi digital, terutama aplikasi, telah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat. Penggunaan aplikasi perbankan di ponsel telah mempermudah pemenuhan kebutuhan transaksi sehari-hari. Oleh karena itu, PT MRT …]]>

Image

blu

Direktur Pengembangan Bisnis Farchad dan Direktur Utama Lanny berfoto bersama saat peluncuran kolaborasi mrtj x blu. Foto oleh PT MRT Jakarta (Perseroda)/Irwan Citrajaya. 30 Januari 2023. 

Kehadiran teknologi digital, terutama aplikasi, telah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat. Penggunaan aplikasi perbankan di ponsel telah mempermudah pemenuhan kebutuhan transaksi sehari-hari. Oleh karena itu, PT MRT Jakarta (Perseroda) dan BCA Digital meluncurkan kolaborasi antarplatform digital, yaitu penerapan layanan bank as a service (BaaS) “blu” di aplikasi MRT-J. Kerja sama ini merupakan bentuk perluasan akses banking for everyone dan mendukung peningkatan infrastruktur teknologi MRT Jakarta sebagai operator transportasi publik dengan menjadi bagian dari ekosistem blu by BCA Digital. Peluncuran dilakukan di Stasiun Blok M BCA pada Senin (30-1-2023).

“Kerja sama ini merupakan inovasi terbaru dari PT MRT Jakarta (Perseroda) dalam penerapan layanan kepada pelanggan kami. Dengan menghadirkan blu dari dalam aplikasi MRT-J akan mempermudah kebutuhan transaksi perbankan pengguna jasa kami tanpa perlu berpindah aplikasi,” jelas Direktur Pengembangan Bisnis PT MRT Jakarta (Perseroda) Farchad Mahfud yang hadir langsung dalam peluncuran. “Kerjasama ini melengkapi layanan yang sudah dipunyai pada aplikasi MRT-J seperti menyediakan layanan pembelian tiket, melihat jadwal kereta, lokasi stasiun, informasi gerai di stasiun, upcoming event, berita terkini, dan menonton film,” tambahnya.

Farchad juga menyebutkan bahwa melalui kerja sama ini, kami ingin kembali menunjukkan kepada publik bahwa saat menggunakan MRT Jakarta, selain bepergian dengan cara yang aman dan nyaman, masyarakat juga mendapatkan pilihan kemudahan bertransaksi perbankan melalui satu aplikasi, tanpa harus membuka banyak aplikasi dalam satu waktu,” ungkapnya.

Image

blu

Tampilan aplikasi blu. Foto oleh PT MRT Jakarta (Perseroda)/Irwan Citrajaya. 30 Januari 2023. 

Kolaborasi antara MRT Jakarta x blu memungkinkan pengguna aplikasi MRT-J untuk dapat dengan mudah melakukan kegiatan perbankan di aplikasi MRT-J, mulai dari membuka rekening blu, melakukan linkage akun blu dengan akun MRT-J, dan juga melakukan pembayaran untuk pembelian tiket MRT dengan menggunakan blu secara praktis. Adapun fitur-fitur perbankan blu di dalam aplikasi MRT-J akan ditambahkan lebih lanjut lagi pada fase pengembangan kolaborasi ke depannya, seperti; fitur pembayaran melalui QRIS, transfer, dan transaksi lainnya tanpa harus berpindah aplikasi.

Direktur Utama BCA Digital, Lanny Budiati juga menambahkan kerja sama ini merupakan salah satu upaya blu untuk terus memperluas ekosistem digitalnya. “Dengan terintegrasinya layanan perbankan blu di dalam aplikasi MRT-J, nasabah dapat dengan mudah melakukan kegiatan perbankan di mana saja dan kapan saja. Semoga dengan demikian, blu bisa menjadi sahabat finansial bagi para pengguna MRT-J dalam mencapai financial goals mereka,” pungkasnya.


Source link

]]>
Gelar Forum Jurnalis Awal Tahun, Direksi Paparkan Rencana 2023 https://ppid.jakartamrt.co.id/2023/01/25/gelar-forum-jurnalis-awal-tahun-direksi-paparkan-rencana-2023/ Wed, 25 Jan 2023 05:37:34 +0000 https://ppid.jakartamrt.co.id/2023/01/25/gelar-forum-jurnalis-awal-tahun-direksi-paparkan-rencana-2023/ Image Direksi berfoto bersama jurnalis dalam forum Jurnalis pertama membuka 2023. Foto oleh PT MRT Jakarta (Perseroda)/Irwan Citrajaya. 25 Januari 2023.             Sebagai salah satu badan usaha milik daerah, PT MRT Jakarta (Perseroda) sangat mendukung keterbukaan informasi kepada publik. Oleh karena itu, perusahaan menggelar Forum Jurnalis secara rutin setiap bulan. Membuka 2023, forum jurnalis digelar …]]>

Image

Forjur Jan 2023

Direksi berfoto bersama jurnalis dalam forum Jurnalis pertama membuka 2023. Foto oleh PT MRT Jakarta (Perseroda)/Irwan Citrajaya. 25 Januari 2023.

            Sebagai salah satu badan usaha milik daerah, PT MRT Jakarta (Perseroda) sangat mendukung keterbukaan informasi kepada publik. Oleh karena itu, perusahaan menggelar Forum Jurnalis secara rutin setiap bulan. Membuka 2023, forum jurnalis digelar secara tatap muka langsung di kantor pusat PT MRT Jakarta (Perseroda) di Wisma Nusantara, Jakarta Pusat pada Rabu (25-1-2023). Direktur Utama PT MRT Jakarta (Perseroda) Tuhiyat, Direktur Operasi dan Pemeliharaan PT MRT Jakarta (Perseroda) Muhammad Effendi, dan Direktur Pengembangan Bisnis PT MRT Jakarta (Perseroda) Farchad Mahfud hadir langsung dan menyampaikan capaian 2022 dan rencana serta target pada 2023.

            “Pada 2022 ini, jumlah pengguna jasa MRT Jakarta mencapai 19, 7 juta orang dengan rata-rata harian sekitar 54 ribu orang. Angka ini melampaui target kami, yaitu sekitar 14 juta dengan rata-rata harian 40 ribu orang. Atas nama PT MRT Jakarta (Perseroda), saya mengucapkan terima kasih kepada teman-teman media dan masyarakat atas dukungannya selama ini,” ungkap Tuhiyat di hadapan sekitar 40 jurnalis yang hadir siang itu. “2023 ini, kami menargetkan 70 ribu orang per hari. Hal ini berdasarkan situasi global yang semakin membaik dan proyeksi target 2023,” lanjutnya.

            Effendi menambahkan bahwa PT MRT Jakarta (Perseroda) menerapkan strategi pull untuk menarik lebih banyak pengguna seperti promo dan kemitraan lainnya, yaitu mal, tempat atraksi, tempat makan, event, hotel, pusat kebugaran, hingga co-working space. “Kami optimistis target ridership tersebut dapat tercapai,” ujarnya.

Image

Jurnalis

Salah satu jurnalis melontarkan pertanyaan kepada direksi. Forum jurnalis menjadi wadah mendapatkan informasi yang terbaru dan akurat terkait MRT Jakarta. Foto oleh PT MRT Jakarta (Perseroda)/Irwan Citrajaya. 25 Januari 2023. 

            Dari aspek pengembangan bisnis, potensi pendapatan dari nontiket (non-fare box) pada 2023 akan mengoptimalkan lima aspek. “Kita akan memperluas potensi bisnis media periklanan, pengembangan dan komersialisasi kawasan TOD, pengembangan area dan bisnis retail. Selain itu kita juga akan gencarkan digital bisnis dan aktivasi event di sepanjang jalur MRT Jakarta,” jelas Farchad. “Sepanjang 2022 lalu, sumber pendapatan nontiket berasal dari pengembangan kawasan TOD dan proyek konsultasi seperti dengan LRT Sumsel dan Ho Chi Minh City Metro serta webinar kemitraan berbayar,” tuturnya.

            Dari aspek konstruksi, tambah Tuhiyat, pembangunan fase 2A terus berlanjut. “Hingga 15 Januari lalu, perkembangan fase 2A mencapai 18,5 persen. Targetnya, segmen Bundaran HI—Harmoni selesai pada 2027 dan hingga Kota pada 2029,” pungkasnya.


Source link

]]>
Per 15 Januari, Pembangunan Fase 2A CP 201 Capai 50,18 Persen https://ppid.jakartamrt.co.id/2023/01/23/per-15-januari-pembangunan-fase-2a-cp-201-capai-5018-persen/ Mon, 23 Jan 2023 01:31:33 +0000 https://ppid.jakartamrt.co.id/2023/01/23/per-15-januari-pembangunan-fase-2a-cp-201-capai-5018-persen/ Image Pekerja sedang mengangkut material di area pembangunan terowongan Stasiun Thamrin. Foto oleh PT MRT Jakarta (Perseroda)/Irwan Citrajaya. 11 Januari 2023.  Pekerjaan pembangunan CP 201 (Stasiun Thamrin dan Monas) fase 2A MRT Jakarta berjalan sesuai jadwal. Per 15 Desember 2022, perkembangan pembangunan telah mencapai 50,18 persen. Saat ini, pembangunan Stasiun Monas telah masuk ke tahap pekerjaan …]]>

Image

segmen tunnel

Pekerja sedang mengangkut material di area pembangunan terowongan Stasiun Thamrin. Foto oleh PT MRT Jakarta (Perseroda)/Irwan Citrajaya. 11 Januari 2023. 

Pekerjaan pembangunan CP 201 (Stasiun Thamrin dan Monas) fase 2A MRT Jakarta berjalan sesuai jadwal. Per 15 Desember 2022, perkembangan pembangunan telah mencapai 50,18 persen. Saat ini, pembangunan Stasiun Monas telah masuk ke tahap pekerjaan pengecoran roof slab gardu induk, pekerjaan pengecoran kolom dan instalasi ventilasi penyedot udara, pengecoran slab ventilation tower, dan persiapan pengeboran terowongan dari Stasiun Monas ke Stasiun Harmoni.

Sedangkan di Stasiun Thamrin, pekerjaan yang sedang dilakukan meliputi pekerjaan pembangunan D-Wall di sisi utara, penggalian dan pengecoran slab di sisi selatan stasiun, jet grouting sisi selatan dan utara stasiun, dan pembangunan terowongan oleh TBM-1 dari sisi selatan Stasiun Thamrin menuju sisi utara Stasiun Bundaran HI.  

Selain itu, mesin bor terowongan 1 (TBM-1) telah berhasil membangun terowongan northbound dari Stasiun Thamrin menuju Stasiun Bundaran HI sepanjang 220 meter dari total 562 meter. Sedangkan mesin bor terowongan 2 (TBM-2) telah menyelesaikan pembangunan dua terowongan antara Stasiun Thamrin dan Bundaran HI. TBM-2 sedang dalam persiapan pemindahan ke shaft utara Stasiun Monas untuk membangun terowongan menuju Stasiun Harmoni.

Image

Stasiun Monas

Suasana di dalam area pembangunan Stasiun Monas. Foto oleh PT MRT Jakarta (Perseroda)/Irwan Citrajaya. 11 Januari 2023. 

Sedangkan untuk CP 202 (Stasiun Harmoni—Mangga Besar—Sawah Besar) setelah resmi dimulai pada 18 Juli 2022, per 15 Januari 2023 telah mencapai 8,74 persen dengan cakupan pekerjaan meliputi pekerjaan penanganan rel trem dan penyimpanan ke lokasi sementara milik Perusahaan Pengangkutan Djakarta (PPD) di Jelambar, ekskavasi persiapan relokasi utilitas area Stasiun Sawah Besar dan Stasiun Mangga Besar, relokasi utilitas PGN, telkom, dan fiber optic di area Stasiun Harmoni sisi Jalan Hayam Wuruk, slab foundation dan primary beam canal decking di area Mangga Besar, dan pondasi, steel structure erectionserta pekerjaan arsitektural halte busway sementara.   

 Pascapenandatanganan paket kontrak (contract package) CP 203 (Stasiun Glodok dan Kota) pada 20 April 2021, pekerjaannya pun sudah mulai dilakukan dan berjalan sesuai jadwal. Per 15 Januari 2023, perkembangannya sudah mencapai 24,22 persen dengan pekerjaan di Stasiun Glodok meliputi melanjutkan pekerjaan instalasi road decking dan pekerjaan penggalian stasiun. Di Stasiun Kota, meliputi pekerjaan pembangunan D-Wall dan pekerjaan fabrikasi rebar cage untuk D-Wall. Selain itu, mesin bor terowongan sedang dalam proses fabrikasi.

Sedangkan pengadaan CP 205 railway systems and trackwork (sistem perkeretaapian dan rel), 206 rolling stock (ratangga), dan CP 207 automatic fare collection (sistem pembayaran) masih berjalan sesuai jadwal. 

Fase 2A MRT Jakarta akan menghubungkan Stasiun Bundaran HI hingga Kota sepanjang sekitar 5,8 kilometer dan terdiri dari tujuh stasiun bawah tanah, yaitu Thamrin, Monas, Harmoni, Sawah Besar, Mangga Besar, Glodok, dan Kota. Fase 2A tersebut dibagi menjadi dua segmen, yaitu segmen satu Bundaran HI—Harmoni yang ditargetkan selesai pada 2027, dan segmen dua Harmoni—Kota yang ditargetkan selesai pada 2029. Fase 2B MRT Jakarta yang rencananya melanjutkan dari Kota sampai dengan Depo Ancol Barat masih dalam tahap pengajuan pendanaan menggunakan JICA Loan, proses perolehan izin lingkungan, persiapan dokumen teknis, dan perencanaan pembebasan lahan. Fase 2A MRT Jakarta dibangun dengan biaya sekitar Rp25,3 triliun melalui dana pinjaman kerja sama antara Pemerintah Indonesia dan Jepang. 

Berbeda dengan fase 1, fase 2 dibangun sekaligus dengan membangun kawasan stasiun dengan konsep kawasan berorientasi transit (transit oriented development). Pembangunan dengan konsep ini tidak hanya menyiapkan infrastruktur stasiun MRT Jakarta saja, namun juga kawasan sebagai paduan antara fungsi transit dan manusia, kegiatan, bangunan, dan ruang publik yang akan mengoptimalkan akses terhadap transportasi publik sehingga dapat menunjang daya angkut penumpang. 


Source link

]]>
Dukung Pertumbuhan Ekonomi Kerakyatan, MRT Jakarta Sediakan Gerai UMKM di Stasiun https://ppid.jakartamrt.co.id/2023/01/22/dukung-pertumbuhan-ekonomi-kerakyatan-mrt-jakarta-sediakan-gerai-umkm-di-stasiun/ Sun, 22 Jan 2023 14:49:54 +0000 https://ppid.jakartamrt.co.id/2023/01/22/dukung-pertumbuhan-ekonomi-kerakyatan-mrt-jakarta-sediakan-gerai-umkm-di-stasiun/ Image Dua orang pengguna jasa MRT Jakarta melintas di depan gerai salah satu UMKM di Stasiun Lebak Bulus Grab. Foto oleh PT MRT Jakarta (Perseroda)/Irwan Citrajaya.              Peran Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) sangat besar bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia. Menurut Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia, kontribusinya terhadap Pendapatan Domestik Bruto (PDB) menyentuh angka 60,5 …]]>

Image

UMKM LBB Grab

Dua orang pengguna jasa MRT Jakarta melintas di depan gerai salah satu UMKM di Stasiun Lebak Bulus Grab. Foto oleh PT MRT Jakarta (Perseroda)/Irwan Citrajaya. 

            Peran Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) sangat besar bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia. Menurut Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia, kontribusinya terhadap Pendapatan Domestik Bruto (PDB) menyentuh angka 60,5 persen dengan penyerapan tenaga kerja mencapai 96,9 persen dari total penyerapan tenaga kerja nasional. Menyadari hal tersebut, PT MRT Jakarta (Perseroda) mendukung hadirnya gerai-gerai UMKM di stasiun. Hingga Desember 2022, terdapat 16 gerai UMKM yang tersebar di tiga stasiun, yaitu Stasiun Dukuh Atas BNI, Fatmawati Indomaret, dan Lebak Bulus Grab. Ketiga stasiun ini merupakan stasiun dengan kategori angka keterangkutan (ridership) tinggi di sepanjang jalur Lebak Bulus—Bundaran HI.

            Dengan 16 gerai tersebut, PT MRT Jakarta (Perseroda) bekerja sama dengan setidaknya 25 jenama (brand) yang terdiri dari kriya, fesyen, makanan, dan minuman, yaitu:

  1. Stasiun Lebak Bulus Grab: Wande Jajan (Rupa Saji, Wintje’s Cake, Kazoora, Gandumkoe, Serella Food, Pawaris, Madu Al-Mubarokah, Dapur Sawunggalih), Kebab Mungilqu, Aremie Hj. Rully, Alfee, Broodmet, Darkao, Nasi Kebuli Abu Walad, dan RA.
  2. Stasiun Fatmawati Indomaret: Ndelok, Lemper Purnama, Marem, Teji Burger, Tasty Food I Have by Dapur Bang Doel, Apikmen, ZAM (Zarming, Alini, Montana).
  3. Stasiun Dukuh Atas BNI: Honey Loaf.

“Salah satu bentuk dukungan PT MRT Jakarta (Perseroda) terhadap perkembangan UMKM ialah dengan membuka kesempatan bagi pelaku langsung membuka gerai di stasiun. Selain membuka gerai dengan biaya murah, sekitar Rp750 ribu hingga Rp1,3 juta per bulan, PT MRT Jakarta (Perseroda) juga memberikan pelatihan seperti pemasaran digital, menyediakan gerai, dan sistem poin of sales (POS) untuk melakukan pembayaran,” ungkap Direktur Pengembangan Bisnis PT MRT Jakarta (Perseroda) Farchad Mahfud. “Kami berharap bahwa dengan kehadiran UMKM ini bukan hanya meningkatkan penjualan dan penjenamaan (branding) UMKM tersebut, melainkan juga menyediakan kebutuhan bagi para pengguna jasa MRT Jakarta,” pungkasnya.

      Salah satu pemilik gerai UMKM dengan jenama Montana Aromatics, Mona Sjukri, menyampaikan harapannya saat membuka gerai di Stasiun Fatmawati Indomaret. “Saya berharap agar produk kami lebih dikenal dan diterima oleh masyarakat. Selain itu, membuka gerai di stasiun MRT Jakarta berarti produk kami lebih mudah diperoleh,” ujarnya. Montana Aromatics membuka gerai ZAM Corner sejak Desember 2022 lalu bersama dengan dua jenama lainnya, yaitu Alini dan Zarming.

Hal senada disampaikan oleh Teji Burger yang didirikan oleh Abdi Ferdiansyah dan Herlingga Wibowo pada Desember 2019. “Saat ini kami memiliki tiga gerai, yaitu di Jalan R.S. Fatmawati, Ciledug, dan Stasiun Fatmawati Indomaret. Dengan metode penjualan makan di tempat (dine in), daring (online), dan kemasan (take away), kami berharap agar pembukaan gerai di stasiun MRT Jakarta dapat meningkatkan penjualan dan brand awareness di masyarakat,” ujar Abdi.

Kehadiran gerai-gerai di stasiun, baik UMKM maupun retail, diharapkan akan menjadi salah satu penarik lebih banyak lagi masyarakat untuk menjadikan MRT Jakarta dan moda transportasi publik lainnya sebagai alat penunjang mobilitas sehari-hari.


Source link

]]>
MRT Jakarta Sediakan Mesin Isi Ulang Uang Elektronik Bank https://ppid.jakartamrt.co.id/2023/01/19/mrt-jakarta-sediakan-mesin-isi-ulang-uang-elektronik-bank/ Thu, 19 Jan 2023 09:13:01 +0000 https://ppid.jakartamrt.co.id/2023/01/19/mrt-jakarta-sediakan-mesin-isi-ulang-uang-elektronik-bank/ Image             PT MRT Jakarta (Perseroda) senantiasa berupaya untuk menyediakan layanan terbaik bagi masyarakat. Salah satunya dengan menyediakan layanan mesin kartu uang elektronik yang melayani pengecekan saldo, pengisian ulang, hingga penjualan. Layanan yang dimulai sejak November 2022 lalu ini telah dapat ditemui di tujuh stasiun MRT Jakarta, yaitu Bundaran HI, Dukuh Atas BNI, Istora Mandiri, …]]>

Image

vending machine

            PT MRT Jakarta (Perseroda) senantiasa berupaya untuk menyediakan layanan terbaik bagi masyarakat. Salah satunya dengan menyediakan layanan mesin kartu uang elektronik yang melayani pengecekan saldo, pengisian ulang, hingga penjualan. Layanan yang dimulai sejak November 2022 lalu ini telah dapat ditemui di tujuh stasiun MRT Jakarta, yaitu Bundaran HI, Dukuh Atas BNI, Istora Mandiri, Senayan, Blok M BCA, Fatmawati Indomaret, dan Lebak Bulus Grab. Rencananya, enam mesin tambahan akan tersedia pada Januari 2023 sehingga pengguna kartu uang elektronik bank dapat menggunakan layanan ini di seluruh stasiun MRT Jakarta.

            “Penyediaan mesin ini merupakan bentuk komitmen kami dalam mengakomodir kebutuhan pengguna jasa MRT Jakarta yang menggunakan kartu uang elektroniknya sebagai tiket perjalanan layanan kami. Hingga kini, masyarakat yang ingin naik ratangga dapat menggunakan beragam pilihan pembayaran seperti multi trip, single trip, aplikasi MRT-J, Jaklingko, dan kartu uang elektronik yang dikeluarkan oleh bank,” jelas Direktur Operasi dan Pemeliharaan PT MRT Jakarta (Perseroda) Muhammad Effendi. “Kami menyadari bahwa sejauh ini, pengguna terbanyak MRT Jakarta menggunakan kartu uang elektronik keluaran bank sebagai metode transaksi pembayaran tiket. Oleh karena itu, penyediaan mesin top up sangat membantu kelancaran mobilitas pengguna jasa kami,” imbuhnya.

            Mesin kartu uang elektronik ini menerima berbagai metode pembayaran seperti kode QR, kartu kredit, kartu debit, dan tunai. Selain itu fitur cek saldo berlaku bagi kartu bank e-money Mandiri, tap cash BNI, Flazz BCA, Jakcard Bank DKI, dan Brizzi BRI. Sedangkan untuk top up berlaku untuk kartu e-money Mandiri, tap cash BNI, flazz BCA, LinkAja, OVO, Dana, dan gopay.


Source link

]]>
Taman Kudus: Ruang Transit yang Hijau https://ppid.jakartamrt.co.id/2023/01/16/taman-kudus-ruang-transit-yang-hijau/ Mon, 16 Jan 2023 07:37:05 +0000 https://ppid.jakartamrt.co.id/2023/01/16/taman-kudus-ruang-transit-yang-hijau/ Image Konstruksi revitalisasi Taman Kudus yang sedang berlangsung. Mengusung konsep area transit yang hijau. Foto oleh PT MRT Jakarta (Perseroda)/Irwan Citrajaya. 9 Januari 2023.              Upaya untuk menghadirkan kenyamanan dalam mobilitas masyarakat melalui pengembangan kawasan berorientasi transit terus dilakukan tanpa henti. Setelah penyelesaikan sejumlah infrastruktur seperti jembatan layang dan plaza transit di kawasan transit Lebak …]]>

Image

Taman Kudus

Konstruksi revitalisasi Taman Kudus yang sedang berlangsung. Mengusung konsep area transit yang hijau. Foto oleh PT MRT Jakarta (Perseroda)/Irwan Citrajaya. 9 Januari 2023. 

            Upaya untuk menghadirkan kenyamanan dalam mobilitas masyarakat melalui pengembangan kawasan berorientasi transit terus dilakukan tanpa henti. Setelah penyelesaikan sejumlah infrastruktur seperti jembatan layang dan plaza transit di kawasan transit Lebak Bulus, PT MRT Jakarta (Perseroda) melalui anak perusahaannya, PT Integrasi Transit Jakarta atau ITJ, kembali melakukan revitalisasi salah satu infrastruktur di dalam kawasan berorientasi transit Dukuh Atas, yaitu Taman Kudus.

            Taman Kudus terletak di Jalan Kudus, Kelurahan Dukuh Atas, Kecamatan Menteng, Jakarta Selatan. Ia berbatasan dengan hunian dan Stasiun Commuterline Sudirman. Letaknya yang strategis menjadikan Taman Kudus dapat dikembangkan menjadi ruang hijau yang bisa memberikan kenyamanan dan keamanan bagi masyarakat dan terutama pengguna transportasi publik.

            Luas Taman Kudus sekitar 750 meter persegi. Fasilitas yang disediakan oleh PT ITJ di taman ini meliputi akses masuk dan ke luar, paviliun, titik penjemputan ojek daring, parkir sepeda, dan area area duduk. Peletakan sejumlah bollard di akses masuk taman juga dilakukan agar memberikan kenyamanan dan keamanan pengunjung dari kendaraan pribadi.

Image

Taman Kudus

Pot bunga didesain agar dapat menjadi area duduk. Foto oleh PT MRT Jakarta (Perseroda)/Irwan Citrajaya. 9 Januari 2023. 

            Sesuai dengan namanya, Taman Kudus dirancang dengan konsep yang diangkat dari corak batik kudus, yaitu warna warni khas cerah yang diterjemahkan menjadi pencahayaan taman saat malam hari. Taman ini diperuntukkan sebagai ruang transit yang aman dan nyaman. Pembukaan pagar taman akan memudahkan akses, penataan visual pada utilitas yang ada di taman tersebut akan memperindah taman.

            Fungsi taman yang dirancang untuk memfasilitasi kegiatan bertransit seperti area penjemputan ojek daring dan pemberhentian bus akan mengurangi penumpukan di akses Stasiun Sudirman. Pot tanaman juga dilengkapi dengan alas duduk. Revitalisasi taman ini menggunakan anggaran sebesar tiga miliar rupiah. Rencananya, taman ini selesai dikerjakan pada akhir Januari 2023.

            Taman Kudus merupakan salah satu infrastruktur pendukung dalam kawasan pembangunan berorientasi transit Dukuh Atas seluas sekitar 146 hektare. Kawasan ini dikembangkan dengan tema Poros Transit Internasional. Sesuai dengan Peraturan Gubernur DKI Jakarta Nomor 107 tahun 2022 tentang Panduan Rancang Kota Kawasan Pembangunan Berorietasi Transit Dukuh Atas, strategi pengembangan kawasan memprioritaskan pengembangan lahan yang berada dalam radius 700 meter dari stasiun dan dikembangkan dalam jangka pendek (0—3 tahun) dan menengah (4—7 tahun).

Sebelum revitalisasi Taman Kudus dilakukan, masyarakat telah terlebih dahulu merasakan manfaat Terowongan Kendal yang telah dialihfungsikan menjadi akses trotoar dan transit antarmoda kereta commuterline dan MRT Jakarta. Selain sebagai akses transit, Terowongan Kendal juga menjelma menjadi salah satu pusat aktivitas seni dan budaya di Jakarta. Pengembangan lahan di sekitar stasiun menjadi ramah pejalan kaki, seperti Terowongan Kendal dan Taman Kudus, diharapkan akan menarik lebih banyak lagi masyarakat menjadi pengguna transportasi publik dalam mobilitas sehari-harinya.


Source link

]]>
Per 8 Januari, Pembangunan Simpang Temu Dukuh Atas Capai 61,604 Persen https://ppid.jakartamrt.co.id/2023/01/13/per-8-januari-pembangunan-simpang-temu-dukuh-atas-capai-61604-persen/ Fri, 13 Jan 2023 08:35:12 +0000 https://ppid.jakartamrt.co.id/2023/01/13/per-8-januari-pembangunan-simpang-temu-dukuh-atas-capai-61604-persen/ Image Gedung transport hub “serambi temu” Dukuh Atas. Foto oleh PT MRT Jakarta (Perseroda)/Irwan Citrajaya. 13 Januari 2023.  Pekerjaan pembangunan Transport Hub “Simpang Temu” Dukuh Atas terus dikebut. Per 8 Januari 2023 lalu, perkembangan keseluruhannya telah mencapai 61,604 persen. Saat ini, pembangunan gedung 11 lantai tersebut telah masuk ke tahap pekerjaan instalasi façade, eskalator, air conditioning, …]]>

Image

Transport Hub

Gedung transport hub “serambi temu” Dukuh Atas. Foto oleh PT MRT Jakarta (Perseroda)/Irwan Citrajaya. 13 Januari 2023. 

Pekerjaan pembangunan Transport Hub “Simpang Temu” Dukuh Atas terus dikebut. Per 8 Januari 2023 lalu, perkembangan keseluruhannya telah mencapai 61,604 persen. Saat ini, pembangunan gedung 11 lantai tersebut telah masuk ke tahap pekerjaan instalasi façade, eskalator, air conditioning, pemipaan (plumbing), dan mechanical and electrical. Rencananya, bangunan multiguna ini akan beroperasi pada Mei 2023.

Bangunan transport hub yang berfungsi sebagai area transit hub sarana angkutan umum massal yang berlokasi di Jalan Blora, Menteng, Jakarta Pusat. Bangunan dengan luas sekitar 15 ribu meter persegi ini dilengkapi dengan fungsi perkantoran, retail, dan pasar modern. Ia juga dilengkapi dengan area pemberhentian bus transjakarta dan ojek daring yang menunjang kegiatan transit dari Stasiun MRT Dukuh Atas BNI, Stasiun KCI Sudirman, Stasiun LRT Jabodebek, dan Stasiun BNI City.

Pengembangan area Dukuh Atas sebagai kawasan berorientasi transit mutlak dilaksanakan. Sebagai salah satu kawasan tersibuk dengan lima moda transportasi publik (kereta dan bus) serta titik prioritas angkutan daring, kawasan ini menjadi salah satu tujuan para komuter. Sebagai operator utama pengembangan kawasan berorientasi transit, PT MRT Jakarta (Perseroda) dan mitranya akan mengelola kawasan seluas 146 hektare ini dengan mengedepankan delapan prinsip pengembangan kawasan berorientasi transit, yaitu fungsi campuran, kepadatan tinggi, peningkatan kualitas konektivitas, peningkatan kualitas hidup, keadilan sosial, keberlanjutan lingkungan, ketahanan infrastruktur, dan pembaruan ekonomi.

Image

eskalator

Pekerja konstruksi sedang memasang eskalator. Foto oleh PT MRT Jakarta (Perseroda)/Irwan Citrajaya. 13 Januari 2023. 

Upaya pengembangan kawasan di sekitar stasiun MRT Jakarta merupakan bagian dari transformasi Jakarta dalam mengatur ulang kota dari padat lalu lintas menjadi kota berkelanjutan dan tahan iklim. MRT Jakarta akan memastikan bahwa aksesibilitas transit, fasilitas pejalan kaki dan pesepeda (sebagai moda mobilitas paling ramah lingkungan), ruang hijau dan terbuka, pohon peneduh jalan, ruang publik pemicu aktivitas, hingga titik-titik bike sharing, semua terakomodasi.

Kehadiran transport hub di kawasan ini akan melengkapi kenyamanan dan keamanan akses transit yang sudah terlebih dahulu hadir, yaitu Terowongan Kendal yang telah beralih fungsi menjadi akses pejalan kaki yang menghubungkan Stasiun Dukuh Atas BNI, Stasiun Sudirman, dan Stasiun BNI City.


Source link

]]>
Sepanjang 2022, Lebih Dari 19,7 Juta Orang Gunakan MRT Jakarta   https://ppid.jakartamrt.co.id/2023/01/09/sepanjang-2022-lebih-dari-197-juta-orang-gunakan-mrt-jakarta/ Mon, 09 Jan 2023 05:44:57 +0000 https://ppid.jakartamrt.co.id/2023/01/09/sepanjang-2022-lebih-dari-197-juta-orang-gunakan-mrt-jakarta/ Image Sepanjang 2022, tercatat 19.776.064 orang menggunakan layanan MRT Jakarta. Jumlah tersebut menunjukkan bahwa sekitar lebih dari 50 ribu orang menggunakan MRT Jakarta setiap hari. Pada tahun lalu pula tercatat sekitar 87.072 jumlah perjalanan kereta. Ketepatan waktu tempuh, kedatangan, dan berhenti ratangga pun mencapai 99,94 persen. Jumlah total angka keterangkutan ini jauh melebihi target yang …]]>

Image

2022 ridership

Sepanjang 2022, tercatat 19.776.064 orang menggunakan layanan MRT Jakarta. Jumlah tersebut menunjukkan bahwa sekitar lebih dari 50 ribu orang menggunakan MRT Jakarta setiap hari. Pada tahun lalu pula tercatat sekitar 87.072 jumlah perjalanan kereta. Ketepatan waktu tempuh, kedatangan, dan berhenti ratangga pun mencapai 99,94 persen. Jumlah total angka keterangkutan ini jauh melebihi target yang ditetapkan, yaitu sekitar 14,6 juta orang dengan rata-rata harian 40 ribu orang. Sedangkan pada 2021 lalu, angka keterangkutan tercatat sekitar 7,1 juta orang. Terdapat kenaikan hingga sekitar 12 juta penumpang untuk 2022. Kenaikan ini menunjukkan kepercayaan tinggi masyarakat terhadap layanan MRT Jakarta.

Oleh karena itu, PT MRT Jakarta (Perseroda) menyampaikan terima kasih kepada masyarakat dan dukungan penuh atas kepercayaan terhadap layanan MRT Jakarta dan mitra-mitra pengumpannya sehingga lebih banyak orang yang menggunakan MRT Jakarta, dan transportas publik lainnya, dalam mobilitas sehari-hari.

Untuk menaikkan angka keterangkutan, PT MRT Jakarta (Perseroda) bekerja sama dengan berbagai pihak, terutama dari industri wisata seperti sektor kuliner, aktivitas, hingga pusat perbelanjaan, kesehatan, pendidikan, hingga promo tiket di sejumlah tempat wisata. Kerja kolaborasi dengan sejumlah operator transportasi publik pengumpan (feeder) juga mendorong peningkatan angka keterangkutan seperti PPD, Tebengan, gojek, grab, transjakarta dan yang terbaru, Swoop.

Kehadiran angkutan pengumpan ini akan berdampak tidak saja terhadap kenaikan angka keterangkutan, namun juga mendorong kebudayaan menggunakan platform berbagi kendaraan (ride sharing). Secara angka, operator pengumpan ini menyumbang sekitar 13 persen angka keterangkutan dari total ridership MRT Jakarta.

Image

ridership 2022

Sebagai bagian dari inovasi dan mengikuti tren digital oleh masyarakat, pengguna jasa MRT Jakarta dapat menggunakan aplikasi MRT Jakarta di ponsel pintar untuk membeli tiket perjalanan, menggunakan poin penggunaan untuk ditukar dengan berbagai promo, bahkan menonton film dan bermain gim ponsel. Seluruh fitur gaya hidup ini bertujuan untuk memberikan pengalaman penuh kepada pelanggan saat menggunakan layanan MRT Jakarta.   

Di lingkungan MRT Jakarta, baik stasiun maupun ratangga, pemberlakuan Protokol Bangkit mutlak dilaksanakan. Bagi PT MRT Jakarta (Perseroda), aspek keselamatan, keamanan, dan kenyamanan pengguna jasa selalu menjadi prioritas perseroan. MRT Jakarta secara konsisten menerapkan protokol kesehatan di stasiun dan ratangga demi keselamatan bersama melalui Protokol Bangkit yang mendapatkan apresiasi baik dari masyarakat sebagai bentuk nyata dalam mengurangi risiko penyebaran COVID-19 di MRT Jakarta.


Source link

]]>