[ad_1]
Selama masa pandemi dan pemberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Masa Transisi di DKI Jakarta, PT MRT Jakarta menerbitkan panduan bagi pengguna jasa layanan MRT Jakarta. Panduan yang disebut Bangkit Bersama ini berisi materi seperti informasi waktu layanan dan operasional MRT Jakarta, perlengkapan yang wajib dan disarankan untuk digunakan atau bawa, aturan yang wajib ditaati selama berada di area stasiun dan kereta, langkah-langkah yang dilakukan oleh PT MRT Jakarta (Perseroda) guna memastikan keamanan dan keselamatan pengguna jasa terkait penyebaran virus COVID-19, penjelasan rambu dan marka terkait pencegahan penyebaran virus COVID-19, dan cara membeli tiket melalui aplikasi MRT-J sebagai langkah mengurangi kontak fisik di stasiun.
Misalnya di bagian informasi layanan operasional. Sejak Senin, 3 Agustus 2020 lalu, waktu layanan pada hari kerja bertambah satu jam, yakni hingga pukul 22.00 WIB yang biasanya berakhir pada pukul 21.00 WIB. Panduan ini juga menyediakan informasi waktu keberangkatan kereta pertama dan terakhir dari dan menuju Stasiun Lebak Bulus Grab dan Stasiun Bundaran HI setiap hari. Pengguna jasa juga dapat melihat rekomendasi isi ‘tas siaga’ terkait pandemi, misalnya botol minum pribadi, penyanitasi tangan, masker cadangan, tisu, hingga alat makan pribadi.
Di bagian aturan, pengguna jasa dapat melihat sejumlah hal yang wajib ditaati selama menggunakan layanan MRT Jakarta, seperti senantiasa menggunakan masker, mengikuti pemeriksaan suhu tubuh, berdiri atau duduk di rambu yang telah ditetapkan, hingga wajib menjaga jarak dari pengguna jasa lainnya, baik di dalam kereta, stasiun, maupun di dalam toilet. Di panduan ini pula, pengguna jasa dapat melihat fitur, fasilitas, dan pemeliharaan yang dilakukan oleh PT MRT Jakarta (Perseroda) dalam menjaga sarana dan prasarananya seperti penggunaan metode force cooling dan vent sebagai bentuk pengoptimalan sirkulasi udara di dalam ratangga, mengoptimalkan air handling unit (AHU) dari sistem cooling tower dan ventilation tower agar sirkulasi udara di stasiun bawah tanah tetap terjaga dengan baik, dan disinfeksi ratangga tiga kali sehari.
Panduan lengkap dapat diunduh melalui tautan di bawah ini.
PT MRT Jakarta (Perseroda) senantiasa berkomitmen untuk terus memberikan layanan yang prima kepada para pengguna jasanya. Menjaga kebersihan, keamanan, dan kenyamanan serta berkolaborasi dengan pihak terkait agar tercipta inovasi yang dilaksanakan dengan tata kelola yang baik, terpadu, dan transparan.
Penulis: Nasrullah
[ad_2]
Source link